28 Juli 2016

Cluster Kasturi. A home Sweet Home

ASRAMA PPG SM3T UNIMED

Pengumuman dari ibu asrama malam ini yang menyatakan akan ada rotasi asrama bulan depan membuat aku tersentak, peraturan asrama satu ini yang paling aku takutkan, ternyata akan terjadi dalam waktu dekat. Hampir lima bulan terlewati, sudah banyak kisah terukir, sudah membahana gelak tawa setiap hari, sudah kuat hati tarpatri satu sama lain. Adalah sebuah keniscayaan kita bersedih ketika harus dipisahkan. Untuk membingkai kenangan, izinkan aku abadikan secuil cerita di blog yang tak seberapa ini.  

Ada 3 blok di lingkungan asrama PPG UNIMED ini. setiap Blok berbeda bentuk fisik bangunan dan isi kamarnya. Tapi fasilitas yang kami dapatkan sejatinya adalah sama. Blok A yang terdiri dari 4 cluster dihuni oleh para pria, di Blok B yang berada di depan Blok A dihuni oleh para wanita. Beda dengan blok A, di blok B ini ada 6 cluster. 4 cluster dihuni oleh para wanita, 1 cluster dihuni oleh laki-laki (karena tidak muat di Blok A), dan 1 cluster lagi dihuni oleh aadik-adik mahasiswa S1 dari papua yang mendapatkan beasiswa afirmasi di unimed. salah satunya ada yang dari Tolikara loh.

Sedangkan di blok C yang bentuk fisik bangunannya memanjang, kamarnya dihuni oleh perempuan yang berjumlah 60 orang. Sisanya, karena di Asrama PPG UNIMED tidak muat, peserta PPG lainnya di tempatkan di asrama UMA (Universitas Medan Area) yang berada kurang lebih 1km dari asrama PPG UNIMED. Disana juga mendapat fasilitas yang sama. Tempat tinggal dan makan 3 kali sehari gratis. Bahkan ada jasa laundry 20kg setiap bulan. Itu juga gratis. Wow! Tinggal focus belajar aja cuy


Setiap blok punya plus minus yang berbeda-beda. Aku dan 9 orang teman lainnya di tempatkan di Blok B, Tepatnya di cluster palling ujung di lantai 2 yang bernama cluster Kasturi. Menurutku, Cluster Kasturi ini merupakan cluster yang paling strategis dan paling nyaman dari seluruh asrama di UNIMED ini, bahkan di UMA.

Di cluster ini ada 5 kamar. Setiap kamar dihuni oleh 2 orang. berbeda dengan di asrama UMA yang harus sharing ruangan kamar berisi 4 orang. Cluster Kasturi punya 2 kamar mandi untuk 10 orang. yang artinya kita tidak harus antri lama untuk mandi, bangun telat juga tidak kelabakan karena kamar mandi available. Tempat cucinya juga luas, ada jemuran emergency yang bisa dipakai untuk menjemur daleman atau ketika hujan. Dari jndela kamar di cluster ini bisa langsung melihat aktifitas di ruang makan dan pos satpam. Dari jendela kamarku juga angin berhembus, tidak perlu kipas angin karena semilir angin selalu masuk dari sela-sela jendela kamaku. Dan yang membuat blok B dan Blok A ini lebih unggul dari blok lainnya ialah adanya ruang tengah yang bisa digunakan untuk kumpul-kumpul. Dari makan bareng, belajar bareng, pengajian bareng, sampai gosip bareng. Disisi lain ruang tengah ini punya peran penting dalam mendekatkan hati para penghuninya.
Agenda Yasinan malam jum'at di Cluster Kasturi
Di Blok B ini juga semua tempat tidurnya berbentuk ranjang single, bukan ranjang bertingkat seperti di Blok C dan di asrama UMA. Selera orang berbeda-beda, ada yang suka tidur di ranjang tingkat juga. Kalau aku pribadi lebih nyaman tidur di ranjang single karena tidak harus repot-repot naik tangga dulu untuk merebahkan badan sepulang kuliah. Disetiap ranjang single ini juga ada 3 box berbentuk laci yang bisa digunakan sebagai lemari penyimpan barang, selain satu lemari mini yanag multifungsi menjadi meja belajar. Pokoknya home sweet home banget deh! Eh salah, room sweet room. :D
 
Tempat mengehempaskan badan
with my beloved roommate
our room sweet room (Memang selalu rapi seperti ini loh :p )
Selain keunggulan-keunggulan di atas, ada satu kelebihan di Cluster Kasturi yang tidak dimiliki cluster lain. Yaitu balkon yang menghadap langsung ke taman. Balkon jadi tempat favorite ku, selain karena pemandangannya bagus,wifi disini juga kencang. Ditambah lagi semilir angin yang membujuk mata untuk tidur, tak jarang aku ketiduran ketika siang-siang berbaring di balkon. What a perfect cluster!

Pemandangan dari Balkon, di atas atap ini tempat duduk anti mainstream :D

Taman yang ada di depan Blok B asrama PPG UNIMED
Dengan semua kenyamanan yang sudah dinikmati selama 5 bulan ini, siapa yang rela coba meninggalkannya. Sewaktu ibu asrama mengumumkan akan ada rotasi kamar, cukup banyak perdebatan. Bahkan aku dkk sudah berencana untuk membuat surat semacam petisi yang akan kami ajukan ke pihak pengelola PPG. Tapi ketika ku baca lagi buku panduan berasrama, ternyata memang benar ada peraturan harus diadakan roling kamar pertiga bulan, atau minimal sekali dalam setahun. Tujuannya sudah pasti baik, akhirnya kami harus mengesampingkan ego dan keluar dari zona nyaman cluster kasturi. Bukankah untuk sukses kita harus keluar dari zona nyaman?

Pesanku untuk penghuni selanjutnya, rawatlah cluster kasturi dengan baik, bersihkan bak mandi setiap hari, karena airnyaaagak kuning dan kurang jernih. Untuk mendapatkan air yang jernih bisa menyaring air dari kran dengan tissue basah. Letakkan tempat sabun kalian di atas meja yang sudah kami buat dari kayu bekas itu agar kamar mandi terlihat rapi. Sesekali duduklah di atap dekat balkon sambil menikmati matahari menyipit menuju senja. Terakhir, selamat datang dan menikmati kenyamanan di cluster Kasturi. #kemudiannangisdipojokan #cumapasrahmaupindahkemana #berharappanitiaPPGnyalupa

1 komentar:

  1. Udah 5 bulan di cluster kasturi dan kini harus pergi meninggalkannya. Duh... Gue aja kak, dulu pernah tinggal di Asrama PKL (magang) 1 bulan dan harus meninggalkannya sulit banget. Gue sih, orangnya gitu. Kalo udah nyaman, susah buat ninggalin gitu aja.

    Semoga tempat selanjutnya lebih baik, ya kak. PEsan-pesannya itu lho, bermanfaat banget. Ditunggu kelanjutannya.

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)