02 November 2015

15 Tipe-tipe Guru SM3T Selama Mengabdi


Guru SM3T ini datang dari berbagai penjuru Indonesia untuk mengabdi menuju pelosok negeri. Di daerah pengabdian kita jadi mengenal karakter teman baru dan berbagai macam kelakuan unik teman-teman seperjuangan SM-3T. apa aja sih tipe-tipe guru SM3T selama bertugas di tempat pengabdian?

Inilah hasil mata-mata saya selama setahun mengabdi di Papua Pegunungan tengah. Bertemu teman-teman dari Riau (UR), Kalimantan (UNMUL) dan Surabaya (UNESA). Tepatnya di Kabupaten Jayawijaya. Postingan ini sekedar intermezzo. Foto-foto hanyalah sebagai ilustrasi. Kalau ada yang tersinggung, itu semata-mata adalah kesengajan penulis. Here we go!

1. Tukang ngabdi



Tipe guru yang satu ini is the best banget lah. Jiwa pengabdian nomr wahid. Walaupun yang lain libur dia tetap masuk sekolah. Kalau ada waktu luang dia akan menyibukkan diri dengan membuat media pembelajaran. Disaat teman-teman yang lain berkumpul untuk sekedar temu kangen di kota, dia tidak ikut ngumpul karena sibuk dengan aktifitas di sekolah. Pokoknya berdedikasi abis lah!

2. Tukang bikin program
Rapat Koordinasi SM3T UR di Jayawijaya

Orang yang satu ini puny aide-ide brilian untuk program kerja guru SM3T. Kalau rapat paling banyak bicara. tapi namanya jug ide, belum tentu dilaksanakan. Ya namanya juga tukang bikin program, to?

3. Tukang pacaran

Doski suka tebar pesona kemana-mana, baik sama semua orang sampai orang salah tafsir kebaikannya. Walaupun tampang pas-pasan banyak juga yang merasa di PHP in sama guru satu ini. Istilahnya “Umpan Serak”. Setelah dapat nanti doski bakal sibuk pacaran terus, kemana-mana berdua dan rela berkorban untuk pacaranya.

4. Tukang foto
nenteng camera kemana-mana. source : belfot.com
Biasanya suka ngalungin kamera DSLR kemana-mana. Hasil fotonya keren-keren. Objek fotonya dari murid yang ingusan, kondisi sekolah, pemandangan, sampai muka-muka gaje temen-temenya semua di fotoin. Tukang foto ini paling sering di ajak jalan-jalan karena hobinya yang suka fotoin orang.

5. Tukang masak
SM3T Jayawijaya, masak nasi di tungku
Nggak rugi deh deket sama guru yang satu ini. Baik di posko ataupun liburan di kota. Hobinya masak. Poskonya nggak pernah sepi dari makanan. Ada-ada aja idenya dalam membuat makanan atau cemilan. Karena hobinya ini, beliau di dapuk jadi tukang masak kalau ada acara-acara. Hasil masakannya pun top cer!

6. Tukang palakin murid
Hari Pertama mengabdi sebagai SM3T. anak-anak membawa kayu bakar, sayuran dan buah
Ini adalah contoh guru yang tidak baik. Hamper tiap hari ketika baris pagi ngasi pengumuman ke murid. Ada yang disuruh bawa sayur, bawa buah sampai ubi. Suka minta di buatin aksesoris asli Papua. Apalagi menjelang masa pengabdian berakhir, tipe guru tukang palakin murid ini bakal lebih ekstra minta kenang-kenangan dari murid. Baik itu tas Noken, gelang, panah, bahkan Kare (topi) cendrawasih yang mahalnya bias sampai 2 juta. Murid di palakin terus deh!

7. Tukang kebun
Kebun SM3T Sogokmo, Papua yang tidak pernah panen
Karena nggak ada kegiatan, tipe guru yang satu ini mengisi waktu dengan berkebun. Dari wortel, bayam, kangkung, kol, buncis, daun bawang. Sampai buah-buahan seperti strawberry di tanam di sekitar posko. Tapi sayang, panennya selalu di bantuin sama maling.

8. Guru narsis

Semua kegiatan pengabdian di foto dan di posting di social media. Sampai ngulek cabe di posko pun di posting. Di instagram. Kalau ada teman lain yang bikin program atau acara, doski pasti datang dan ikutan foto, nggak lupa di aplod. Kalau ada kontes foto atau pameran foto SM3T, tipe guru satu ini paling getol ngirimin foto. Rela duduk berjam-jam di warnet yang tarifnya 15.000/jam demi ngirimin foto sampai ratusan! Padahal mah ngajar juga jarang, program nya juga gitu-gitu aja. Tapi sekalinya ada kegiatan memori camera sampai nggak muat karena foto-foto terus!


9. Cari istri atau suami

Cari sumai/istri beda sama cari pacar. Pokoknya target istri/suaminya adalah guru SM3T.


10. Teacher backpacker 
Gunung di Daki
Hobinya jalan-jalan terus. Dari naik gunung, naik pesawat, nyebrang laut, semua di jabanin. sampai kadang-kadang orang heran, dia ini datang ke papua mau jadi guru apa jadi Turis! Biasanya selalu pakai celana gunung dan sandal eiger. Uang tabungan dihabiskan untuk jalan-jalan mengexplor Papua. Setiap weekend tidak pernah ada di posko, selalu hangot cari tempat indah untuk di jalani. Sering bawa carier kemana-mana. Padahal carier juga modal pinjam. :D
Laut di sebrangi
11. Pengen pulang terus

Anak mama atau anak papa yang setiap curhat sama temen selalu pengen pulang. Tidak betah di tempat pengabdian, ingin segera mengakhiri penderitaan. kadang nangis tengah malam, meratapi nasib di perantauan. Mungkin dia hanya tidak tau caranya menikmati hidup.


12. Non stop calling
Hanya SM3T yang tau rasanya perjuangan nelpon di Bukit Sinyal. source : kemendikbud

 HP selalu di tangan. Yang di telpon bisa pacar, orang tua atau teman nan jauh di sana untuk sekedar ngobrol-ngobrol. Siang, sore, malam. Non stop calling! kadang harus manjat pohon, bertengger di dinding rumah, untuk nyari sinyal. Oh ya, tipe ini hanya berlaku bagi SM3T yang berada di daerah bersinyal.


13. Hemat is my life
source : disini

Tipe guru SM3T yang satu ini patut di contoh. Saking hematnya tipe guru ini stay di posko terus, jarang ke kota untuk belanja. Biasanya biar nggak banyak keluar biaya transport doski bakal nitip kebutuhannya sama temen yang ke kota. Kalaupun di kota makannya mie instan. Biar hemat katanya, secara nasi bungkus kan 35rb mbak bro… guru tipe ini punya Misi “Tabung uang sebanyak-banyaknya sampai ATM jebol”.

14. Guru cari duit

Walaupun gaji dari guru SM3T di Papua cukup besar, tapi guru yang ini hobinya cari duit. Dari ngojek (motornya di sewa), jualan oriflame atau sophie martin, ngurusin proyek pendataan di Dinas pendidikan, sampai jaga kios di jabanin. Yang penting cari duit.


15. Cari Tebengan

Namanya di perantauan, cari orang yang berasal dari kampong yang sama. Kemudian di anggap saudara. Dan bias numpang nginap dan makan dirumahnya. Selain itu guru SM3T tipe ini juga suka nebeng ke posko teman lain. Numpang tidur, numpang makan siang, numpang mandi, sampai numpang tidur. Selalu cari-cari tempat nebeng. Mmm.. minggu depan nebeng dimana lagi ya?

Kamu termasuk tipe yang mana? Atau ada tipe dan karakter lain? Share ya di kolom komentar.

2 komentar:

  1. wah mbaa....serius tuh guru tukang palak beneran ada? ters kalau malakin gitu murd2 nya pada gak marah apa gak protes gitu mba? wah guru kaya gini harusnya mending gak usah ikut aja.,,bukannya ngebantu malah nyusahin murid disana kan

    BalasHapus
  2. Bu Risah masuk kategori yang mana nih? :)

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)